Show simple item record

dc.contributor.authorAfkar, Zaki Al
dc.date.accessioned2024-06-24T01:32:45Z
dc.date.available2024-06-24T01:32:45Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50179
dc.description.abstractKataِ “Peran”ِ dalamِ penelitianِiniِmerupakanِ faktorِ yangِ diberikanِ olehِ mahasiswa untuk memotivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik itu berupa arahan, dorongan semangat, kontribusi serta solusi. Melalui program pengabdian di sekolah, mahasiswa mengadakan kegiatan seperti workshop, seminar, atau kegiatan sosial, sehingga mempengaruhi minat siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Menguraikan bagaimana peran mahasiswa dalam memberikan kontribusi terhadap siswa di MAN 4 Sleman, 2. Menguraikan apa saja faktor pendukung dan penghambat mahasiswa dalam memberikan motivasi kepada siswa di MAN 4 Sleman. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan tersebut antara lain: kepala sekolah, Mahasiswa PPL Prodi PAI UII, dan murid MAN 4 Sleman. Teknik pengumpulan data meliputi tahapan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dari reduksi data yang merangkum, pemilihan, pemfokusan dilanjutkan dengan penyajian data, analisis data serta diakhiri penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peran mahasiswa memberikan motivasi positif sangat signifikan kepada murid di MAN 4 Sleman. Dengan melakukan interaksi kelas, presentasi pengalaman pribadi, dan menjadi figur yang baik, mahasiswa mampu menciptakan lingkungan yang inspiratif, merangsang minat siswa, dan memberikan wawasan nyata tentang kehidupan perkuliahan. Kemudian Faktor pendukung seperti kesiapan, motivasi, keterampilan komunikasi, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama dengan guru, dan pengalaman pendidikan yang beragam, semuanya berkontribusi positif dalam meningkatkan minat siswa terhadap mahasiswa. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diatasi, seperti kondisi ekonomi keluarga siswa, pandangan bahwa lulusan S1 belum tentu mendapatkan pekerjaan, dan pengaruh teman atau lingkungan kelas. Mahasiswa perlu memahami dan mengatasi kendala-kendala ini agar peran yang dilakukan tetap optimal.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Mahasiswaen_US
dc.subjectMotivasi Muriden_US
dc.subjectPerguruan Tinggien_US
dc.titlePeran Mahasiswa PPL Prodi PAI Uii dalam memotivasi Murid Man 4 Sleman untuk melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422094


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record