Peran Mahasiswa PPL Prodi PAI Uii dalam memotivasi Murid Man 4 Sleman untuk melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi
Abstract
Kataِ “Peran”ِ dalamِ penelitianِiniِmerupakanِ faktorِ yangِ diberikanِ olehِ
mahasiswa untuk memotivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,
baik itu berupa arahan, dorongan semangat, kontribusi serta solusi. Melalui
program pengabdian di sekolah, mahasiswa mengadakan kegiatan seperti
workshop, seminar, atau kegiatan sosial, sehingga mempengaruhi minat siswa
SMA untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1.
Menguraikan bagaimana peran mahasiswa dalam memberikan kontribusi terhadap
siswa di MAN 4 Sleman, 2. Menguraikan apa saja faktor pendukung dan
penghambat mahasiswa dalam memberikan motivasi kepada siswa di MAN 4
Sleman.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik
penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan
tersebut antara lain: kepala sekolah, Mahasiswa PPL Prodi PAI UII, dan murid
MAN 4 Sleman. Teknik pengumpulan data meliputi tahapan metode obsevasi,
wawancara dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dari reduksi data
yang merangkum, pemilihan, pemfokusan dilanjutkan dengan penyajian data,
analisis data serta diakhiri penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peran mahasiswa memberikan
motivasi positif sangat signifikan kepada murid di MAN 4 Sleman. Dengan
melakukan interaksi kelas, presentasi pengalaman pribadi, dan menjadi figur yang
baik, mahasiswa mampu menciptakan lingkungan yang inspiratif, merangsang
minat siswa, dan memberikan wawasan nyata tentang kehidupan perkuliahan.
Kemudian Faktor pendukung seperti kesiapan, motivasi, keterampilan komunikasi,
keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama dengan guru, dan
pengalaman pendidikan yang beragam, semuanya berkontribusi positif dalam
meningkatkan minat siswa terhadap mahasiswa. Namun, terdapat beberapa faktor
penghambat yang perlu diatasi, seperti kondisi ekonomi keluarga siswa, pandangan
bahwa lulusan S1 belum tentu mendapatkan pekerjaan, dan pengaruh teman atau
lingkungan kelas. Mahasiswa perlu memahami dan mengatasi kendala-kendala ini
agar peran yang dilakukan tetap optimal.
Collections
- Islamic Education [918]