Show simple item record

dc.contributor.authorHarits, Faisal
dc.date.accessioned2024-06-20T05:50:01Z
dc.date.available2024-06-20T05:50:01Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50132
dc.description.abstractPeranan guru PAI dalam pembelajaran BTAQ sangatlah penting bagi peserta didik. Sebagai tugas dan tanggung jawab seorang pembimbing harus mengetahui karakter peserta didik. Membaca Al-Qur’an adalah suatu ibadah yang sangatlah jarang di baca oleh anak-anak pada zaman sekarang. Peran guru PAI mempunyai dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung peranan Guru PAI yaitu meliputi orang tua, guru PAI, sedangkan faktor penghambat peranan Guru PAI yaitu Lingkungan Sosial dan Kurangnya kesadaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa serta untuk mengetahui metode- metode guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Peneliti datang ke sekolah untuk proses pengumpulan data. Adapun data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru agama, dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian ini menunjukan secara umum bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sudah berjalan cukup baik. Guru PAI sebagai pembimbing, sebagai suri tauladan, memberikan motivasi, guru sebagai pelatih, guru sebagai pengajar, dan guru sebagai fasilitator harus selalu mengawasi peserta didiknya ketika BTAQ berlangsung serta mecontohkan hal yang baik. Faktor pendukung peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu orang tua dan guru PAI. Sedangkan Faktor Penghambat Peranan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu Lingkungan sosial dan kurangnya kesadaran siswa. Peranan yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 1 Prambanan, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan telah berhasil dalam menjalankan program yang ada. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar seperti: mengetahui huruf- huruf hijaiyyah, mampu membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, dan pelajaran ilmu tajwid lainnya, serta sedikit demi sedikit mereka dapat mengamalkannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeranan Guruen_US
dc.subjectKemampuan BTAQen_US
dc.subjectFaktor Pendukung dan Faktor Penghambaten_US
dc.titlePeranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’ An Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambananen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422182


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record