Show simple item record

dc.contributor.authorSadat, Nizar
dc.date.accessioned2024-06-20T02:46:45Z
dc.date.available2024-06-20T02:46:45Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50088
dc.description.abstractAnak-anak adalah salah satu generasi yang akan melanjutkan perjuangan agama dan bangsa Indonesia. Penting nya pendidikan sejak usia dini sudah harus diterapkan di setiap kalangan masyarakat dan orang tua. Taman Pendidikan Al- Qur’an adalah salah satu tempat belajar mengajar non formal yang ada di kalangan masyarakat. Melalu Taman Pendidikan Al-Qur’an seorang anak akan didik bukan hanya mengaji tapi belajar bagaimana memiliki sikap, karakter, dan disiplin dengan baik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Peran Pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di TPA Ullil Albab Candi Karang Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu memilih informan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Adapun data pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapaat kemudian dianalisis dengan beberapa teknik analisis data yakni reduksi data, display data dan verifikasi data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada tujuh peran pengajar dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ulil Albab, yaitu sebagai berikut : (1) peran pengajar dengan memberikan nasihat kepada santri, (2) peran pengajar dengan menjadi contoh teladan kepada santri, (3) Peran pengajar dengan memberikan motivasi kepada santri, (4) peran pengajar dengan memberikan reward kepada santri, (5) peran pengajar dengan memberikan hukuman kepada santri, (6) peran pengajar dengan menceritakan kisah Nabi, dan (7) peran pengajar dengan membuat tata tertib di TPA.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectPengajaren_US
dc.subjectKarakter Disiplinen_US
dc.titlePeran Pengajar Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) dalam meningkatkan Karakter Disiplin Santri di TPA Ulil Albab Candi Karangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20422062


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record