Peran Pengajar Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) dalam meningkatkan Karakter Disiplin Santri di TPA Ulil Albab Candi Karang
Abstract
Anak-anak adalah salah satu generasi yang akan melanjutkan perjuangan
agama dan bangsa Indonesia. Penting nya pendidikan sejak usia dini sudah harus
diterapkan di setiap kalangan masyarakat dan orang tua. Taman Pendidikan Al-
Qur’an adalah salah satu tempat belajar mengajar non formal yang ada di kalangan
masyarakat. Melalu Taman Pendidikan Al-Qur’an seorang anak akan didik bukan
hanya mengaji tapi belajar bagaimana memiliki sikap, karakter, dan disiplin dengan
baik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
dan menganalisis bagaimana Peran Pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)
dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di TPA Ullil Albab Candi Karang
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan
pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif
analisis. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian ini
menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu memilih informan dengan
pertimbangan dan tujuan tertentu. Adapun data pada penelitian ini diperoleh
melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapaat
kemudian dianalisis dengan beberapa teknik analisis data yakni reduksi data,
display data dan verifikasi data
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada tujuh peran pengajar dalam
meningkatkan karakter disiplin santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ulil
Albab, yaitu sebagai berikut : (1) peran pengajar dengan memberikan nasihat
kepada santri, (2) peran pengajar dengan menjadi contoh teladan kepada santri, (3)
Peran pengajar dengan memberikan motivasi kepada santri, (4) peran pengajar
dengan memberikan reward kepada santri, (5) peran pengajar dengan memberikan
hukuman kepada santri, (6) peran pengajar dengan menceritakan kisah Nabi, dan
(7) peran pengajar dengan membuat tata tertib di TPA.
Collections
- Islamic Education [918]