Show simple item record

dc.contributor.authorHidayatullah, Maulana Syarif
dc.date.accessioned2024-06-20T02:25:31Z
dc.date.available2024-06-20T02:25:31Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50082
dc.description.abstractPeradaban pendidikan di Indonesia semakin terus maju dan berkembang sehingga menciptakan banyak perubahan dalam sistem, kurikulum dan metode pembelajarannya. Pada saat ini pondok pesantren mengalami tantangan besar dalam menghadapi arus perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Kira-kira sejauh mana pondok pesantren dapat survive dan berkembang dengan mengadopsi kemajuan yang ada. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana strategi modernisasi kurikulum dan metode pembelajaran dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory serta faktor-faktor pendukung dan penghambat didalamnya. Serta mengeksplorasi strategi-strategi pendidikan yang menggabungkan ajaran tradisional dengan teknologi dan inovasi terkini. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam di Pondok Pesantren Al- Amanah Al-Gontory. Terdapat beberapa informan yang terlibat diantaranya pengelola pendidikan, guru, serta peserta didik. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu mimilih informan dengan tujuan dan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa strategi madrasah yang di terapkan yaitu dengan merumuskan kurikulum yang dinamis dan progresif yang didasarkan pada sinergi agama, membangun dan melengkapi sarana dan prasarana serta media pembelajaran yang memadai, mengadakan pelatihan secara intensif. Dalam Penelitian di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory menggunakan metode pembelajaran yang sangat bervariatif di antaranya metode Problem Solving, metode diskusi, metode menghafal, Project Based Learning. Faktor pendukungnya yaitu pemimpin visioner, akses ke sumber daya, keterbukaan terhadap teknologi, kolaborasi terhadap pihak eksternal, fleksibilitas kurikulum, penerimaan masyarakat, Pendidikan kualitas, sedangkan penghambat yang dialami yaitu faktor pendanaan, sumber daya manusia (SDM), pembangunan, kegiatan yang padat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPondok Pesantren Modernen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.titleModernisasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tangerang Selatan Banten)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422171


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record