Show simple item record

dc.contributor.authorFirmansyah, Muhammad Randy
dc.date.accessioned2024-06-19T03:12:03Z
dc.date.available2024-06-19T03:12:03Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50048
dc.description.abstractPeran guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam Pendidikan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Orang yang memberikan pengetahuan kepada peserta didik adalah guru. Pendidikan identik dengan guru yang mempunyai makna “digugu dan ditiru”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam mendidik anak membaca Al-Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta. 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam mendidik anak membaca Al-Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, Adapun informan yaitu: Guru TPA, Orangtua santri, dan Takmir masjid. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah langkah dari Teknik pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data menjadi Teknik analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes yang dilakukan dengan 16 santri yang mengaji di TPA Miftahul Jannah dapat disimpulkan bahwa dengan proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan prosedur pedoman yang ada di dalam TPA maka menjadikan santri lebih meningkat dalam kemampuan membaca Al- Qur’an, terbukti dengan hasil nilai dan tes yang dilakukan dari 16 santri terdapat 6 anak yang mendapatkan komponen nilai A yaitu sangat baik dalam membaca Al- Qur’an, 3 anak yang mendapatkan komponen B yaitu santri baik dalam membaca Al-Qur’an, 5 anak yang mendapatkan komponen C yaitu santri cukup dalam membaca Al-Qur’an, dan 2 anak yang mendapatkan komponen D yaitu santri kurang dalam membaca Al-Qur’an.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectPendidikan Anaken_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.titlePeran Guru dalam mendidik Anak Membaca Al- Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422159


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record