Strategi Dakwah Channel Youtube Shift Media dalam menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Abstract
Di era modern saat ini, strategi dakwah terus berkembang seiring dengan
kemajuan zaman dan teknologi. Platform media sosial yang menjadi sering
menjadi fokus para penggiat dakwah adalah YouTube. salah satu strategi dakwah
yang relevan dengan dinamika ini adalah teori strategi dakwah dari Al-bayanuni
yang mengklasifikasikan strategi dakwah menjadi tiga jenis, yaitu strategi
sentimentil, rasional, dan inderawi. Integrasi dakwah dengan teknologi
memungkinkan pendakwah untuk mencapai khalayak yang lebih luas. Shift
Media, sebuah channel YouTube dengan konten dakwah kreatif yang
disebut-sebut juga menjadi wadahnya para “pemuda hijrah” yang sedang mencari
ilmu agama tetapi tetapi dengan konsep anak muda. Dengan tema yang relevan
dengan kehidupan sehari-hari, Shift Media berhasil menarik perhatian tidak hanya
anak muda tetapi juga kalangan lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan
data secara deskriptif, baik dari wawancara, dokumentasi, maupun observasi
terhadap strategi dakwah channel YouTube dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif,
fokusnya pada deskripsi fenomena alamiah dan rekayasa manusia tanpa
melibatkan prosedur statistik.
Hasil Penelitian ini mengungkap strategi dakwah Shift Media dalam
menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui channel YouTube mereka.
Strategi sentimentil berfokus pada konten yang relevan dengan kehidupan
sehari-hari, menggunakan kisah, narasi, dan simbol keagamaan untuk
membangkitkan empati dan inspirasi pada penonton. Strategi rasional didasarkan
pada argumentasi logis, penelitian, dan penjelasan yang ilmiah. Strategi inderawi
memanfaatkan elemen visual, audio, dan sensori untuk menciptakan pengalaman
mendalam bagi penonton, memperkuat pesan-pesan agama Islam dengan daya
tarik yang lebih besar.
Collections
- Islamic Education [912]