Konsep Ilmu dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Syed Muhammad Naquib Al- Attas
dc.contributor.author | Setiawan, Rafli | |
dc.date.accessioned | 2024-06-13T01:59:45Z | |
dc.date.available | 2024-06-13T01:59:45Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/49986 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang konsep ilmu menurut perspektif Ibnu Khaldun dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan penelitian kajian pustaka. Ibnu Khaldun dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas merupakan dua ulama yang sangat besar pengaruhnya dalam dunia pendidikan Islam. Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu Khaldun tentang pendidikan Islam memiliki tujuan dan nilai yang sama, namun pendekatan dan penekanannya berbeda. Ibnu Khaldun yang mempunyai pendapat bahwasanya ilmu pengetahuan dan life skills adalah dua kesatuan yang harus ditekankan dalam pendidikan islam. Kemudian Al Attas daam konsep ta‟dib nya yang menekankan adab dari konsep pendidikan islam. Kedua pemikir tersebut setuju atas pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk karakter dan nilai-nilai individu, dan kiprah mereka terus mempengaruhi pemikiran pendidikan Islam hingga saat ini. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Konsep Ilmu | en_US |
dc.subject | Ibnu Khaldun | en_US |
dc.subject | Al-Attas | en_US |
dc.title | Konsep Ilmu dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Syed Muhammad Naquib Al- Attas | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17422167 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Islamic Education [918]