Konsep Ilmu dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Syed Muhammad Naquib Al- Attas
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep ilmu menurut perspektif Ibnu Khaldun
dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan teknik pengumpulan penelitian kajian pustaka. Ibnu Khaldun
dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas merupakan dua ulama yang sangat besar
pengaruhnya dalam dunia pendidikan Islam. Perspektif Syed Muhammad Naquib
Al-Attas dan Ibnu Khaldun tentang pendidikan Islam memiliki tujuan dan nilai
yang sama, namun pendekatan dan penekanannya berbeda. Ibnu Khaldun yang
mempunyai pendapat bahwasanya ilmu pengetahuan dan life skills adalah dua
kesatuan yang harus ditekankan dalam pendidikan islam. Kemudian Al Attas
daam konsep ta‟dib nya yang menekankan adab dari konsep pendidikan islam.
Kedua pemikir tersebut setuju atas pentingnya pendidikan Islam dalam
membentuk karakter dan nilai-nilai individu, dan kiprah mereka terus
mempengaruhi pemikiran pendidikan Islam hingga saat ini.
Collections
- Islamic Education [918]