Dampak Penyelesaian Kasus Skimming Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BSI KCP FE UII
Abstract
Kasus skimming telah menjadi permasalahan serius dalam dunia perbankan.
Penyelesaian kasus skimming tidak hanya berdampak pada reputasi bank tetapi
juga loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
dampak penyelesaian kasus skimming pada Bank Syariah Indonesia KCP FE UII
terhadap persepsi dan loyalitas nasabah. Metode penelitian menggunakan metode
kualitatif dengan analisis data yang dilakukan melalui wawancara bersama
pegawai Bank Syariah Indonesia KCP FE UII dan nasabah yang terlibat langsung
dalam kasus skimming. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penyelesaian kasus skimming di BSI KCP FE UII tidak ada
dampak negatif antara kepercayaan terhadap loyalitas nasabah. Nasabah dapat
dengan percaya diri untuk menggunakan kembali layanan dan bertransaksi di BSI
KCP FE UII meskipun pernah mengalami kejadian skimming. Dalam
memberikan layanan keuangan, bank juga berupaya mengedukasi, membimbing
dan mendorong nasabahnya untuk selalu berhati-hati dalam bertransaksi. Dalam
penelitian ini memberikan wawasan luas tentang bagaimana penyelesaian kasus
skimming dapat mempengaruhi persepsi dan loyalitas nasabah. Implikasi
penelitian ini menyorot pentingnya Bank Syariah Indonesia KCP FE UII
memperhatikan faktor-faktor yang terkait dengan transaksi keuangan dalam
menangani kasus skimming yang bertujuan untuk mempererat hubungan yang
baik dengan nasabah.
Collections
- Islamic Economics [855]