Show simple item record

dc.contributor.authorAlifiyah, Nilnannisa
dc.date.accessioned2024-06-12T07:23:00Z
dc.date.available2024-06-12T07:23:00Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49980
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh dorongan dalam proses pembelajaran yang dilalui oleh murid harus sesuai dengan ketentuan dan komponen pembelajaran relevan agar mendapatkan capaian yang baik dan maksimal. Dengan menyesuaikan fitrah yang ada di setiap murid dan perkembangannya, para guru dan tenaga kerja dalam sebuah institusi harus bijak dalam menentukan pendekatan pelajaran yang akan diambil agar terlaksananya proses pembelajaran yang lancar dan tepat bagi murid-muridnya. Sebagaimana contoh menggunakan pendekatan pembelajaran Montessori. Peneliti menemukan salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan ini adalah Brainy Bunch International Islamic Montessori School Kuala Lumpur, Malaysia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis sebelum lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) . Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan beberapa teknik yaitu uji kredibilitas dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini memberikan petunjuk bahwa pendekatan pembelajaran Montessori dapat mempengaruhi perkembangan fitrah anak. Para murid disiapkan untuk mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan dan aktivitas pembelajaran. Implementasi pendekatan montessori di Brainy Bunch di maksimalkan dengan penerapan kerangka pendidikan SPICE (Spiritual, Physical, Intellectual, Creative & Emotional) untuk pengembangan fitrah anak didalamnya. Selain itu, ketanggapan para stekholder institusi dalam melakukan pemahaman pada pengaplikasian pendekatan pembelajaran montessori dan menjalin komunikasi terbuka bagi para orang tua murid akan memaksimalkan roda perkembangan anak sesuai dengan fitrahnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendekatan Belajaren_US
dc.subjectMontessorien_US
dc.subjectFitrah Anaken_US
dc.titleImplementasi Pendekatan Montessori dalam mengembangkan Fitrah Anak di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Kuala Lumpur, Malaysiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20422114


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record