Implementasi Pendekatan Montessori dalam mengembangkan Fitrah Anak di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Kuala Lumpur, Malaysia
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dorongan dalam proses pembelajaran yang
dilalui oleh murid harus sesuai dengan ketentuan dan komponen pembelajaran relevan
agar mendapatkan capaian yang baik dan maksimal. Dengan menyesuaikan fitrah yang
ada di setiap murid dan perkembangannya, para guru dan tenaga kerja dalam sebuah
institusi harus bijak dalam menentukan pendekatan pelajaran yang akan diambil agar
terlaksananya proses pembelajaran yang lancar dan tepat bagi murid-muridnya.
Sebagaimana contoh menggunakan pendekatan pembelajaran Montessori. Peneliti
menemukan salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan ini adalah Brainy Bunch
International Islamic Montessori School Kuala Lumpur, Malaysia.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis
sebelum lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) .
Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan beberapa teknik yaitu uji kredibilitas
dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini memberikan petunjuk bahwa pendekatan pembelajaran
Montessori dapat mempengaruhi perkembangan fitrah anak. Para murid disiapkan untuk
mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan dan aktivitas pembelajaran.
Implementasi pendekatan montessori di Brainy Bunch di maksimalkan dengan penerapan
kerangka pendidikan SPICE (Spiritual, Physical, Intellectual, Creative & Emotional)
untuk pengembangan fitrah anak didalamnya. Selain itu, ketanggapan para stekholder
institusi dalam melakukan pemahaman pada pengaplikasian pendekatan pembelajaran
montessori dan menjalin komunikasi terbuka bagi para orang tua murid akan
memaksimalkan roda perkembangan anak sesuai dengan fitrahnya.
Collections
- Islamic Education [918]