Strategi Pengembangan Branding dan Marketing pada Produk Tas 2in1 Alinea
Abstract
Mayoritas orang membutuhkan tas ketika mereka akan berkegiatan diluar
rumah seperti, sekolah, kuliah, kerja, ataupun rekreasi. Selain itu, tas juga memiliki
nilai tersendiri dalam menunjang penampilan, khususnya untuk kaum wanita. Tas
2in1 yang banyak diperjualbelikan di pasar memiliki beberapa kekurangan baik dari
segi model, efektivitas fasilitas yang dimiliki, kualitas bahan, hingga tingkat harga.
Sebagai langkah pengembangan branding tas 2in1, Alinea hadir sebagai sebuah
inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menghasilkan perpaduan
dua jenis fungsi tas, yakni tote bag dan backpack berbahan kulit sintetis Virotex
yang tebal, awet, dan anti air. Alasan pemilihan bentuk tote bag adalah untuk
membuat tas terkesan feminim dan simpel. Sedangkan, backpack mudah dan aman
digunakan, manajemen beban lebih baik, serta dapat mencegah cedera otot bahu.
Untuk meningkatkan fleksibilitas produk, Tas 2in1 Alinea hanya menggunakan tali
tanpa pengait tambahan dan dilengkapi dengan kompartmen luar yang mudah
dijangkau. Terdapat tiga warna tas yang ditawarkan, yakni beige, choco, dan black.
Perintisan bisnis Alinea mulai beroperasi sejak bulan November 2023
hingga Maret 2024 yang bertempat di Gang Giri Sakti, Sukoharjo, Kabupaten
Sleman, D.I. Yogyakarta. Produk Tas 2in1 Alinea dipasarkan secara offline dan
online melalui event dan e-commerce dengan target pasar utamanya adalah kaum
wanita sekitar usia 17–40 tahun seperti, pelajar, mahasiswi, serta wanita karir atau
pekerja. Tim bisnis Alinea terdiri dari dua orang yang bertanggung jawab atas
bidang produksi dan pemasaran dengan asas akad musyarakah dan keuangan
merupakan tanggung jawab bersama yang disusun secara kolektif oleh semua
anggota tim.
Program kerja yang dilaksanakan oleh bidang produksi meliputi
perancangan branding produk dengan menciptakan spesifikasi produk, menentukan
konveksi dan mitra bisnis melalui survei atau riset, melakukan sampling produk,
quality control, manajemen stock product, dan menyusun laporan keuangan bisnis
bersama dengan bidang pemasaran. Selama kegiatan operasional berlangsung,
terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi bidang produksi namun, dapat
ditindaklanjuti dan dicari solusinya. Proses produksi Tas 2in1 Alinea dilaksanakan
dua kali selama proses perintisan bisnis dan berhasil menghasilkan 60 pcs tas.
Bisnis perintisan Alinea berhasil memperoleh laba (profit) dan dinilai layak karena
kapasitas produksi lebih besar dari BEP unit dan tingkat penjualan lebih besar dari
BEP harga.
Collections
- Islamic Economics [855]