Show simple item record

dc.contributor.authorNurlaeli, Anisa Salsabila Wahyu
dc.date.accessioned2024-06-04T04:20:01Z
dc.date.available2024-06-04T04:20:01Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49821
dc.description.abstractBisnis F&B (Food and Baverage) merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner atau dapat dikatakan bisnis yang menjual makanan dan minuman kepada konsumen. Seiring berkembangnya teknologi, banyak platform yang menyediakan layanan online food delivery yang dapat diikuti oleh pelaku bisnis F&B. Donuthing Purwokerto juga memasarkan produknya melalui tiga e-commerce yaitu grabfood, gojek, dan shopeefood. Dengan adanya database data transaksi penjualan produk pada tiga e-commerce tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk masing-masing e-commerce. Dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, pada penelitian ini menggunakan metode Market Basket Analysis (MBA) dengan Algoritma Apriori, dengan tujuan untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada ketiga e-commerce tersebut. Dari pola pembelian tersebut diperoleh ruless atau aturan asosiasi mengenai barang yang sering dibeli secara bersamaan, dengan ruless tersebut dapat dibuat strategi pemasaran membuat paket bundling dan diskon menu untuk produk yang sering dibeli secara bersamaan. Dengan menggunakan parameter minimum support dan minimum confidence yang telah ditentukan diperoleh 10 ruless untuk e-commerce grabfood, 9 ruless untuk e-commerce shopeefood dan 7 ruless untuk e-commerce gojek. Dengan adanya perbedaan pola pembelian pada masing-masing e-commerce juga perbedaan produk yang paling sering dibeli pada tiap e-commerce, maka dibutuhkan juga strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan ruless yang diperoleh. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat bagi tiap e-commerce untuk meningkatkan penjualan Donuthing Purwokerto kedepannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAlgoritma Apriorien_US
dc.subjectE-commerce Donuthing Purwokertoen_US
dc.subjectMarket Basket Analysis (MBA)en_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.titleImplementasi Market Basket Analysis (MBA) sebagai Strategi Pemasaran Produk Donuthing Purwokerto pada Tiga E-commerceen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19611175


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record