Implementasi Market Basket Analysis (MBA) sebagai Strategi Pemasaran Produk Donuthing Purwokerto pada Tiga E-commerce
Abstract
Bisnis F&B (Food and Baverage) merupakan usaha yang bergerak di bidang
kuliner atau dapat dikatakan bisnis yang menjual makanan dan minuman kepada
konsumen. Seiring berkembangnya teknologi, banyak platform yang menyediakan
layanan online food delivery yang dapat diikuti oleh pelaku bisnis F&B. Donuthing
Purwokerto juga memasarkan produknya melalui tiga e-commerce yaitu grabfood,
gojek, dan shopeefood. Dengan adanya database data transaksi penjualan produk
pada tiga e-commerce tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi
pemasaran yang tepat untuk masing-masing e-commerce. Dalam menentukan
strategi pemasaran yang tepat, pada penelitian ini menggunakan metode Market
Basket Analysis (MBA) dengan Algoritma Apriori, dengan tujuan untuk
mengetahui pola pembelian konsumen pada ketiga e-commerce tersebut. Dari pola
pembelian tersebut diperoleh ruless atau aturan asosiasi mengenai barang yang
sering dibeli secara bersamaan, dengan ruless tersebut dapat dibuat strategi
pemasaran membuat paket bundling dan diskon menu untuk produk yang sering
dibeli secara bersamaan. Dengan menggunakan parameter minimum support dan
minimum confidence yang telah ditentukan diperoleh 10 ruless untuk e-commerce
grabfood, 9 ruless untuk e-commerce shopeefood dan 7 ruless untuk e-commerce
gojek. Dengan adanya perbedaan pola pembelian pada masing-masing e-commerce
juga perbedaan produk yang paling sering dibeli pada tiap e-commerce, maka
dibutuhkan juga strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan ruless yang
diperoleh. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendapatkan strategi
pemasaran yang tepat bagi tiap e-commerce untuk meningkatkan penjualan
Donuthing Purwokerto kedepannya.
Collections
- Statistics [969]