Pengaruh E-Commerce, Akuntansi Pertanggungjawaban, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Umkm (Studi pada Industri Kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
E-commerce, akuntansi pertanggungjawaban, dan budaya organisasi dapat
menjadi faktor yang memengaruhi kinerja UMKM dalam hal inovasi dan
kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh e-commerce,
akuntansi pertanggungjawaban, dan budaya organisasi terhadap kinerja UMKM
industri kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori
agensi. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah
pelaku UMKM industri kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dalam
penelitian didapatkan dari penyebaran kuesioner menggunakan Google Form baik
secara langsung maupun online, dan berhasil diperoleh sebanyak 122 responden
yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian diolah
menggunakan software Smart SPSS versi 25. Metode analisis data meliputi uji coba
kuesioner, uji instrumen penelitian, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis
regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-
commerce, akuntansi pertanggungjawaban, dan budaya organisasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM industri kreatif di Daerah Istimewa
Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4617]