Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Nomor 54 Tahun 2016 dalam Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Sarolangun
Abstract
Sejak diterapkannya otonomi daerah pada tahun 2003, mengalami
perubahan yang sangat signifikan dalam pengelolaan pendidikan. Pasal 11 ayat (2)
menegaskan bahwa "Pemerintah dan Pemerintah Daerah harus menjamin
ketersediaan dana untuk penyelenggaraan pendidikan bagi setiap warga negara
berusia tujuh hingga lima belas tahun." Ketentuan khusus berlaku untuk Perguruan
Tinggi, sebagaimana dijelaskan dalam pasal 24 ayat (2), di mana "Perguruan Tinggi
memiliki otonomi dalam mengelola lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan
pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat."
Reformasi tahun 1998 telah mengakibatkan perubahan signifikan di Republik
Indonesia, terutama dalam aspek fundamental sistem pendidikan nasional.
Transformasi dari sistem pendidikan yang awalnya bersifat terpusat beralih ke
desentralisasi, kini dikenal sebagai otonomi pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan
agama Islam di Kabupaten Sarolangun. dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip
otonomi daerah. Jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dipilih untuk
menggali data dari berbagai sumber dan waktu. Teknik pengumpulan data
melibatkan dokumentasi, observasi, dan wawancara, dengan penekanan pada
kredibilitas melalui triangulasi sumber, teknik pengumpulan data, dan waktu.
Program baca Al-Qur'an telah diimplementasikan di semua SD dan SMP di
Kabupaten Sarolangun, berhasil mengatasi buta baca Al-Qur'an melalui
pelaksanaan yang merata.
Hasil implementasi program menunjukkan dampak positif yang dapat
diukur di seluruh wilayah, termasuk peningkatan pemahaman siswa terhadap ajaran
agama Islam. Keterlibatan masyarakat dalam mendukung program ini menciptakan
sinergi antara pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua siswa. Penelitian ini
mendemonstrasikan bahwa integrasi prinsip otonomi daerah dengan program
keagamaan dapat menciptakan perubahan nyata dalam kualitas pendidikan agama
Islam di tingkat lokal, menjadi contoh sukses untuk daerah lain yang mengadopsi
pendekatan serupa.
Collections
- Islamic Education [882]