dc.description.abstract | Penelitian ini mengangkat judul "Strategi Kreatif Foodies dalam Optimalisasi
Promosi UMKM Kuliner Yogyakarta Melalui Instagram (Studi Komparasi pada
Akun @JavaFoodie dan @Eatventure.inc)." Studi ini bertujuan untuk
membandingkan strategi kreatif yang diterapkan oleh dua akun Instagram kuliner
terkemuka, @JavaFoodie dan @Eatventure.inc, dalam mempromosikan UMKM
kuliner di Yogyakarta melalui platform media sosial Instagram.
Perkembangan media sosial saat ini menjadi salah satu sarana promosi yang
paling efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif apa yang
dilakukan oleh Instagram @JavaFoodie dan @Eatventure.inc untuk
mempromosikan kuliner dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi strategi kreatif kedua akun ini. Dengan menggunakan metode
wawancara, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi kreatif iklan yang
diterapkan kedua akun ini memiliki perbedaan. Pada akun @JavaFoodies konten
yang dibuat berfokuskan pada kuliner, target mereka yang mencintai makanan
daerah jawa, selalu berupaya untuk menghadirkan konten dengan kehadiran kuliner
Jawa, dengan posting konten 3-4 kali dalam seminggu, kombinasi foto dan caption
yang kreatif, akun yang menjadi inspirasi kuliner dengan mengangkat sejarah
dibalik makanan tersebut. Namun strategi kreatif iklan pada @Eatventure.inc yaitu
konten yang mengusung petualang dalam kuliner, penargetan kuliner unik dan
berpetualang kuliner dengan cirikhas owner yang stylish, selalu memperkenalkan
tempat kuliner yang belum diketahui masyarakat, posting konten 1-2 kali
perharinya, dengan menggunakan storytelling yang kuat pada konten, akun yang
menjadi motivasi dalam penjelajahan dunia kuliner dan menciptakan kenangan
melalui pengalaman kuliner.@JavaFoodie mengadopsi diversifikasi talent dan
thumbnail video yang seragam, sedangkan @Eatventure.inc mengandalkan
personal branding dengan konten visual dan audio beragam.
Proses penentuan strategi melibatkan diskusi dengan klien hingga evaluasi
kinerja unggahan. Implementasi metode bauran promosi (7P) berbeda, dengan
@JavaFoodie menekankan tren dan @Eatventure.inc lebih fokus pada personal
branding. Model STP menunjukkan @JavaFoodie menargetkan mahasiswa
Yogyakarta, sementara @Eatventure.inc mengincar audiens yang senang mencoba
kuliner baru dengan gaya hidup menarik. Selain itu, kedua akun ini tentunya
memiliki keunggulan dengan konsep yang digunakan namun bergantung dengan
kemampuan sumber daya yang dimiliki sehingga memiliki keterbatasan waktu
untuk mengunggah konten. Dengan memahami elemen-elemen tersebut, keduanya
dapat membangun strategi kreatif yang kuat untuk memperkuat kehadiran mereka
di Instagram. | en_US |