Pola Komunikasi Kelompok dalam Game Online (Studi Kasus Komunitas Rise Of Kingdoms Indonesia Tahun 2022)
Abstract
Game online Rise of Kingdoms merupakan game bergenre strategi yang popular di
playstore dengan menempati peringkat 5 besar. Kesuksesan tidak lepas dari banyaknya pemain di
dalamnya, terutama dari Negara Indonesia. Dapat diketahui dari salah satu basis berkumpulnya
pemain Indonesia yaitu Komunitas Rise of Kingdoms Indonesia (ROKI) di Facebook. Komunitas
yang menjadi tempat berkumpul seluruh pemain Indonesia untuk saling bertukar informasi dari
berbagai kalangan pemain, sehingga terdapat berbagai pengaruh dari latar belakang masing-
masing pemain, yang bisa menjadi hambatan. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan,
peneliti tertarik untuk mengkaji tentang Pola komunikasi yang terbentuk antar anggota di
Komunitas Rise of Kingdoms Indonesia dengan berbagai tantangan dan hambatan yang
berpengaruh di dalamnya.
Peneliti menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data
melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara online. Dalam pemilihan sumber
data, peneliti mengambil sampling sebanyak empat narasumber dengan jabatan dan peran yang
berbeda-beda di dalam komunitas Rise of Kingdoms Indonesia. Sehingga sudut pandang antar
narasumbernya berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum komunikasi yang terbangun antara
admin, moderator, dan anggota membentuk pola Bintang, yang artinya antara anggota dapat saling
berkomunikasi secara langsung tanpa harus melalui pihak tertentu. Akan tetapi faktor penghambat
seperti bahasa daerah menjadikan komunikasi di dalam komunitas lebih rumit, Seperti halnya pada
alur komunikasi, hambatan dalam komunikasi menciptakan dua alur komunikasi yaitu satu arah
dan dua arah. Singkatnya menjadi satu arah jika tidak ada kecocokan antar pemain dan menjadi
dua arah jika terdapat kecocokan. Hal ini menentukan bentuk kelompok dari pola komunikasi
kelompok atas saling memahami, yaitu kelompok sedang yang terdiri dari beberapa anggota saja.
Collections
- Communication [991]