dc.description.abstract | Perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap
perkembangan marketing atau pemasaran. Perkembangan tersebut juga terjadi secara khusus
pada dunia clothing line dan fashion. Dalam hal ini, Palugada Streetwear dan Passion
Dream menerapkan formula AISAS pada strategi pemasarannya. AISAS merupakan
singkatan dari Awareness, Interest, Search, Action dan Share. Bisnis clothing line dan
fashion memiliki daya saing yang ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa menerapkan
strategi komunikasi pemasaran yang tepat guna mencapai tujuan dari pemasan tersebut
sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengidentifikasi bagaimana
proses penerapan formula AISAS pada Skateboard Clothing Line melalui pemasaran media
digital. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa kendala
yang dialami oleh Skateboard Clothing Line dalam menerapkan formula AISAS melalui
pemasaran media digital. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara langsung
dengan pihak dari obyek penelitian yaitu Palugada Streetwear dan Passion Dream dan
konsumen dari kedua lini usaha pakaian tersebut sebagai data pendukung. Selain itu,
penelitian ini juga mengambil data sekunder yang didapatkan melalui studi dokumen.
Penelitian ini menggunakan tiga teori yaitu strategi komunikasi pemasaran, perencanaan
komunikasi pemasaran dan formula AISAS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Palugada Streetwear dan Passion
Dream telah menerapkan AISAS melalui media dan didukung oleh e-commerce lalu
menciptakan Electronic Words of Mouth (e-WOM) sehingga terbentuk product awareness,
trust, kepuasan konsumen dan membentuk loyalitas yang pada akhirnya dapat
mempertahankan eksistensi bisnis mereka.
Kendala dan solusi dalam penerapan formula AISAS pada Palugada Streetwear
adalah terhambat dengan kurang efektifnya cara berbelanja melalui media sosial Instagram
karena masyarakat lebih nyaman berbelanja di e-commerce. Namun hal tersebut dapat
diselesaikan dengan memberikan link atau tautan pada produk yang dimaksud pada
postingan Instagram untuk mempermudah konsumen agar tidak kesulitan dalam melakukan
pembelian dengan link yang langsung mengarahkan kepada produk yang ingin dibeli.
Adapun kendala penerapan AISAS pada Passion Dream adalah biaya promosi melalui fitur
Instagram Ads yang mahal. Namun kendala tersebut dapat terselesaikan dengan cara
membuat konten pada Instagram feeds, reels, stories yang menarik, kreatif dan atraktif
sehingga dapat menyasar target pemasaran yang dituju secara lebih luas dan dalam sehingga
dapat menekan biaya pengeluaran pada budget promosi. | en_US |