Show simple item record

dc.contributor.authorKusumah, Daffa Agung
dc.date.accessioned2024-05-02T05:45:09Z
dc.date.available2024-05-02T05:45:09Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48853
dc.description.abstractPerkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan marketing atau pemasaran. Perkembangan tersebut juga terjadi secara khusus pada dunia clothing line dan fashion. Dalam hal ini, Palugada Streetwear dan Passion Dream menerapkan formula AISAS pada strategi pemasarannya. AISAS merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Search, Action dan Share. Bisnis clothing line dan fashion memiliki daya saing yang ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat guna mencapai tujuan dari pemasan tersebut sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengidentifikasi bagaimana proses penerapan formula AISAS pada Skateboard Clothing Line melalui pemasaran media digital. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa kendala yang dialami oleh Skateboard Clothing Line dalam menerapkan formula AISAS melalui pemasaran media digital. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara langsung dengan pihak dari obyek penelitian yaitu Palugada Streetwear dan Passion Dream dan konsumen dari kedua lini usaha pakaian tersebut sebagai data pendukung. Selain itu, penelitian ini juga mengambil data sekunder yang didapatkan melalui studi dokumen. Penelitian ini menggunakan tiga teori yaitu strategi komunikasi pemasaran, perencanaan komunikasi pemasaran dan formula AISAS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Palugada Streetwear dan Passion Dream telah menerapkan AISAS melalui media dan didukung oleh e-commerce lalu menciptakan Electronic Words of Mouth (e-WOM) sehingga terbentuk product awareness, trust, kepuasan konsumen dan membentuk loyalitas yang pada akhirnya dapat mempertahankan eksistensi bisnis mereka. Kendala dan solusi dalam penerapan formula AISAS pada Palugada Streetwear adalah terhambat dengan kurang efektifnya cara berbelanja melalui media sosial Instagram karena masyarakat lebih nyaman berbelanja di e-commerce. Namun hal tersebut dapat diselesaikan dengan memberikan link atau tautan pada produk yang dimaksud pada postingan Instagram untuk mempermudah konsumen agar tidak kesulitan dalam melakukan pembelian dengan link yang langsung mengarahkan kepada produk yang ingin dibeli. Adapun kendala penerapan AISAS pada Passion Dream adalah biaya promosi melalui fitur Instagram Ads yang mahal. Namun kendala tersebut dapat terselesaikan dengan cara membuat konten pada Instagram feeds, reels, stories yang menarik, kreatif dan atraktif sehingga dapat menyasar target pemasaran yang dituju secara lebih luas dan dalam sehingga dapat menekan biaya pengeluaran pada budget promosi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAISASen_US
dc.subjectMedia Digitalen_US
dc.subjectPalugada Streetwearen_US
dc.subjectPassion Dreamen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Formula Aisas Pada Skateboard Clothing Line Melalui Pemasaran Media Digitalen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321053


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record