Analisis Kepuasan Audiens Narasi TV (Survei pada Mahasiswa FPSB UII Angkatan 2020)
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital, menghadirkan new media atau media baru yang
sering kita sebut sebagai internet. Berbagai alternatif baru telah dihadirkan oleh perkembangan
teknologi komunikasi, khususnya jaringan komunikasi yaitu internet. Dunia komunikasi
berkembang sangat pesat guna memenuhi kebutuhan manusia dalam memenuhi kepuasannya.
Terdapat 204,7 juta rakyat Indonesia yang merupakan pemakai media internet. Persebaran virus
covid-19 yang sangat pesat, menjadi salah satu penyebab adanya perubahan sikap dari pengguna
dalam menggunakan dan memanfaatkan media. Media sosial, banyak dimanfaatkan oleh
generasi muda atau Gen Z atau yang disebut sebagai generasi internet. Media sosial YouTube
kini merupakan media sosial yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa FPSB UII 2020
terhadap YouTube Channel Narasi. Metode kuantitatif menjadi cara yang dimanfaatkan dalam
penelitian ini, dengan teknik sampling accidental sampling. Responden yang berpartisipasi
dalam penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa FPSB UII angkatan 2020 yang pernah
menyaksikan Narasi. Teori yang digunakan yaitu Uses and Gratifications dengan keempat
dimensi kepuasan yaitu, informasi, hiburan, identitas pribadi, dan interaksi sosial. Hasil akhir
pada penelitian mengambarkan kepuasan yang didapatkan oleh reponden berdasarkan empat
dimensi kepuasaan diperoleh hasil rata-rata sebesar 79,6% masuk dalam kategori sangat puas
berdasarkan skala likert. Urutan tingkat kepuasan yang pertama yaitu informasi sebesar 84,1%,
kemudian identitas pribadi sebesar 83,1, kemudian interaksi sosial sebesar 80,5%, dan terakhir
hiburan sebesar 70,8%. Hal tersebut menunjukan bahwa kepuasannya dapat terpenuhi.
Collections
- Communication [990]