Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol Kelas X MA Sunan Pandanaran Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk kepribadian
intelektualitas dan keterampilan peserta didik, serta mempersiapkan generasi masa
depan untuk kuat menghadapi tantangan global dan dapat ikut serta berpartisipasi
aktif dalam kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan
kualitas pendidikan yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Guided
Teaching terhadap: 1) kepercayaan diri peserta didik pada materi konsep mol
kelas X di MA Sunan Pandanaran tahun ajaran 2023/2024; 2) prestasi belajar
peserta didik pada materi konsep mol kelas X di MA Sunan Pandanaran tahun
ajaran 2023/2024; 3) mengetahui dampak penerapan model pembelajaran Guided
Teaching terhadap peserta didik pada materi konsep mol kelas X Sunan
Pandanaran tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah kelas X MA
Sunan Pandanaran yang berjumlah 156 orang. Sampel penelitian menggunakan
kelas X-J sebagai kelas eksperimen dan kelas X-K sebagai kelas kontrol yang
berjumlah masing-masing 20 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan
sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik non tes dengan bentuk instrumen angket untuk variabel kepercayaan diri
dan teknik tes dengan bentuk instrumen soal pilihan ganda untuk variabel prestasi
belajar. Hasil analisis didapatkan bahwa: 1) tidak adanya perbedaan yang
signifikan melalui penerapan model pembelajaran Guided Teaching terhadap
kepercayaan diri; 2) tidak adanya perbedaan yang signifikan melalui penerapan
model pembelajaran Guided Teaching terhadap prestasi belajar peserta didik pada
materi konsep mol kelas X MA Sunan Pandanaran tahun ajaran 2023/2024.
Collections
- Chemistry Education [330]