Strategi Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Giritengah dan Desa Wisata Candirejo
Abstract
Pesatnya perkembangan pariwisata sekarang ini menyebabkan persaingan ketat
mengenai Desa Wisata. Untuk memenangkan persaingan dan menarik lebih banyak minat
wisatawan adalah dengan menampilkan keunggulan bersaing yang didapatkan melalui
serangkaian proses baik yang bersifat strategis maupun operasional seperti menerapkan strategi
komunikasi pemasaran. Sebagai contoh Desa Wisata yang terletak di dekat Candi Borobudur
yaitu Desa Giritengah dengan kategori Desa Rintisan dan Desa Wisata Candirejo dengan
kategori Desa Mandiri. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan narasumber yaitu Pengurus
Pokdarwis Giritengah dan Pengurus Koperasi Desa Candirejo serta wawancara dengan
wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Hasil dari Penelitian ini adalah kegiatan promosi
yang telah dijalankan oleh pengelola Desa Wisata Giritengah dan Desa Wisata Candirejo antara
lain yaitu melalui promosi word of mouth, promosi melalui media baru seperti Facebook,
Youtube dan Instagram, promosi dalam event, serta melakukan kerjasama dengan berbagai
pihak untuk membantu promosi Desa Wisata Giritengah dan Desa Wisata Candirejo. Faktor
Pendukung dari Desa Giritengah dan Desa Wisata Candirejo adalah sama-sama mempunyai
daya tarik wisata yang mendukung karena letak nya berdekatan dengan Candi Borobudur
sedangkan faktor penghambat dari Desa Giritengah adalah minimnya kesadaran maskayarakat
dalam potensi yang ada, sedangkan Desa Candirejo minimnya alokasi anggaran dana yang
diperuntukkan bagi pengembangan sektor pariwisata.
Collections
- Communication [949]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
KOMUNIKASI PARTISIPATIF KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA KABUPATEN MAGELANG ( Studi Kasus Desa Wisata Wanurejo dan Desa Wisata Karanganyar)
Puri Oksi Arida Hidayat, 14321154 (Universitas Islam Indonesia, 2018-07-20)Pemerintah daerah Magelang mengembangkan dua puluh desa wisata kabupaten Magelang pada tahun 2009 antara lain desa wisata Wanurejo dan desa wisata Karanganyar salah satu cara untuk mengembangkan desa wisata tersebut adalah ... -
Pusat Wisata Alam di Teluk Grajagan Kabupaten Banyuwangi Penekanan pada Penataan Lansekap Fasilitas Wisata dengan Pendekatan Potensi Alam sebagai Penunjang Kegiatan Wisata
Lukman Hakim, 96340043 (Universitas Islam Indonesia, 2001) -
Taman Wisata Alam di Kawasan Green Belt Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Penekanan pada penataan fasilitas wisata dengan pendekatan arsitektur organik sebagai penunjang kegiatan wisata
Dyah Hendrawati, 98512013 (Universitas Islam Indonesia, 2002)Tugas akhir ini mengambil lokasi di kawasan Green Belt Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sesuai dengan kondisi lokasinya maka, dipilihlah Kawasan Wisata Alam. Mengingat daerah ini adalah merupakan daerah konservasi hutan serta ...