Transformasi Bisnis Toko Bangunan Tradisional
Abstract
Toko bangunan Mitra Buildmart yang didirikan pada tahun 2019 merupakan
perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan berbagai macam alat dan bahan
bangunan. Hingga saat ini total terdapat 4 toko dibawah naungan TB Mitra
Buildmart. TB Mitra Buildmart merupakan sebuah nama yang digunakan sebagai
brand perusahaan dimana brand perusahaan tersebut menaungi 4 toko Bernama Mitra
Utama (sebagai toko utama), Mitra Binangun (Outlet kecil), Mitra Rejo (Outlet
kecil), dan Mitra Jaya Pakem (Outlet kecil). Usaha ini didirikan pada Januari 2019
dengan konsep toko bahan bangunan tradisional dengan menggunakan pelayan yang
selalu melayani dibalik etalase.
Pada saat COVID-19 melanda pada tahun 2020, TB Mitra Buildmart mengalami
penurunan penjualan, konsumen cenderung melakukan transaksi dengan hutang, dan
kesulitan modal dikarenakan perputaran kas yang diterima menurun, dan konsumen
cenderung melakukan transaksi dengan hutang. Pandemi Covid -19 juga
mengakibatkan revolusi digital yang sangat cepat, yang tentunya akan berdampak
negatif bagi bagi toko jika tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan
teknologi.
Agar toko tetap mampu bersaing, manajemen memutuskan untuk melakukan
transformasi bisnis sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan
kepuasan pelanggan. Transformasi proses bisnis dan operasional dilakukan dengan
dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi yang umumnya dilakukan dengan
memanfaatkan teknologi digital, yaitu dalam hal ini digital marketing dan cloud
computing.
Collections
- Master of Management [425]