Driver Ojol Perempuan dalam Ruang Kerja Digital (Studi Kasus PT Gojek Indonesia Cabang Yogyakarta)
Abstract
Ruang digital adalah sebuah media penyebaran informasi atau sarana penunjang
aktivitas manusia di zaman modern ini. Transportasi menjadi sebuah indikator penting bagi
semua manusia di zaman sekarang, Perpaduan antara ruang kerja digital dan transportasi
menjadikan sebuah trobosan baru. Sebuah aplikasi transportasi berbasiss digital pertama di
indonesia yang di beri nama Gojek. Rata rata mitra driver yang bekerja di perusuhaan gojek
sebagian besar adalah kaum laki laki, sehingga membuat para driver perempuan menjadi
kalangan minoritas pada pekerjaan driver ini. Pada penelitian ini, menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian etnografi dan motode pengambilan data
dengan wawancara dan observasi untuk mengkaji, budaya dan memahami kaum perempuan
bekerja di bidang pekerjaan kaumm laki laki. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang
di lakukan peneliti menyimpulkan bahwa para driver gojek perempuan bisa membawa dan
menyesuaikan dirinya sendiri di lingkungan pekerjaan mereka sebagai driver ojek online tanpa
adanya sesuatu permasalahan dengan driver ojol laki laki.
Collections
- Communication [943]