dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Bauran Pemasaran Kebun Raya Balikpapan dan Pantai
Wisata Lamaru Pasca Pandemi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran Kebun Raya Balikpapan dan Pantai Wisata Lamaru untuk
menarik minat pengunjung pada pasca pandemi Covid 19. Memilih kajian komunikasi
pemasaran pariwisata untuk memperkenalkan dan membangkitkan kembali sektor
pariwisata dari keterpurukan pasca pandemi melalui strategi komunikasi pemasaran.
Penelitian ini menggunakan metode pnelitian deskriptif dan kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data
penelitian di peroleh dari data primer dan sekunder. Teknis analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua aktivitas strategi komunikasi
pemasaran dari marketing communication mix di lakukan. Aktivitas komunikasi
pemasaran yang digunakan yaitu : 1. Kebun Raya Balikpapan membuat konten-konten
serta vlog tentang seputaran aktivitas yang di lakukan pada pasca pandemi selama
berwisata di area Kebun Raya Balikpapan, melakukan kerjasama dengan PT.Reman
untuk mengkampanyekan kebersihan bahwa pentingnya menjaga kebersihan pasca
pandemi ini, serta membuka kembali area camping ground untuk menarik kembali minat
pengunjung untuk bermalam di area Kebun Raya Balikpapan. Kebun Raya Balikpapan
untuk saat ini belum menarik retribusi pemasukan kepada pengunjung, hal ini tentunya
sangat berdampak yang baik unuk Kebun Raya Balikpapan karena dapat meningkatkan
kunjungan pengunjung pada pasca pandemi. 2. Pantai Wisata Lamaru melakukan sales
promotion dengan mengadakan konser musik pada pasca pandemi dengan cara membeli
dua tiket akan mendapatkan voucher untuk menginap di Hotel Gran Senyiur, serta
personal selling dengan melakukan salescall yaitu mendatangi ke perusahaan-perusahaan
untuk melakukan kerjasama. | en_US |