Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Perilaku Generasi Z dalam Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Social Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
kompatibilitas, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi risiko,
kepuasan konsumen, tekanan kompetitif, kompetensi teknologi, dan pengalaman
pertama berbelanja online terhadap perilaku adopsi atau penggunaan sosial
commerce. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 809
responden menggunakan kuesioner online. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah SEM PLS menggunakan bantuan SmartPLS. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa kompatibilitas, persepsi kepercayaan,
kepuasan konsumen, tekanan kompetitif, kompetensi teknologi, dan pengalaman
pertama berbelanja online berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku
adopsi atau penggunaan social commerce. Penelitian ini juga menunjukan bahwa
persepsi kemudahan dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap perilaku
adopsi atau penggunaan social commerce.
Collections
- Akuntansi [4426]