Show simple item record

dc.contributor.authorAldita, Afadia
dc.date.accessioned2024-03-25T04:57:52Z
dc.date.available2024-03-25T04:57:52Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48562
dc.description.abstractGunung Kemukus merupakan objek wisata di Kabupaten Sragen. Gunung Kemukus merupakan tempat pemakaman Pangeran Samudro yang merupakan putra raja Kerajaan Majapahit. Adanya stigma negatif di masyarakat dan kurangnya fasilitas yang mendukung mengakibatkan kurangnya wisatawan yang datang berkunjung. Pemerintah Kabupaten Sragen berupaya memperbaiki fasilitas dengan melakukan revitalisasi yang diharapkan meningkatkan jumlah pengunjung yang datang. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui mengenai bagaimana strategi yang dilakukan oleh Dispora Kabupaten Sragen dalam mempromosikan objek wisata Gunung Kemukus pasca revitalisasi. serta apa saja faktor pendukung dan penghambat Dispora dalam mempromosikan objek wisata Gunung Kemukus pasca revitalisasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa teori yakni teori strategi komunikasi, komunikasi pariwisata, bauran promosi (promotion mix): iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat/publisitas, dan penjualan personal. Berdasarkan hasil penelitian ini, komponen strategi Dispora Kabupaten Sragen yakni: (1) pemilihan dan penetapan komunikator, (2) penetapan target audience, (3) melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen dalam penyusunan pesan dengan, dan (4) penyampaian pesan melalui media sosial. Komunikasi pariwisata melalui komunikasi online pariwisata dengan menggunakan media online yakni Youtube, Instagram, Facebook, dan Web Dispora. Kemudian, melalui Komunikasi pemasaran pariwisata promotion mix yang telah digunakan oleh Dispora Kabupaten Sragen dengan menggunakan 4 elemen yakni pertama iklan (advertising) melalui media cetak seperti baliho, leaflet, pamflet. Kedua, promosi penjualan (sales promotion) melalui penyelenggaraan event-event. Ketiga, humas/publisitas melalui media yang meliput seperti tribun dan solopos. Keempat, penjualan personal (personal selling) melalui kegiatan pertemuan forum soloraya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Pariwisataen_US
dc.subjectPromotion Mixen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Dispora Kabupaten Sragen dalam mempromosikan Objek Wisata Gunung Kemukus Pasca Revitalisasien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321155


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record