Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Menggunakan Platform Tiktok (Studi Empiris Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
minat berwirausaha mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan
menggunakan Platform TikTok. Faktor-faktor pada penelitian ini diukur dengan
menggunakan variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, pengetahuan
kewirausahaan, ekspektasi pendapatan, dan persepsi kesenangan. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria sampel
mahasiswa aktif yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah atau
belum pernah menggunakan platform TikTok untuk berwirausaha. Jumlah sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 165 responden. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa faktor kemudahan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat berwirausaha menggunakan platform TikTok, faktor manfaat
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan
platform TikTok, faktor pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwirausaha menggunakan platform TikTok. Sedangkan
pada faktor ekspektasi pendapatan dan kesenangan tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat berwirausaha menggunakan platform TikTok.
Collections
- Akuntansi [4403]