Peran Religiusitas Islam Sebagai Pemoderasi Pengaruh Sertifikasi Halal dan Citra Destinasi Halal Terhadap Perilaku Berkunjung Melalui Niat Berkunjung Sebagai Pemediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran religiusitas islam sebagai
pemoderasi pengaruh sertifikasi halal dan citra destinasi halal terhadap perilaku
berkunjung melalui niat berkunjung sebagai pemediasi. Objek dalam penelitian ini
adalah Bali, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah wisatawan muslim di
Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 339 responden. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan AMOS. Uji kualitas
instrumen dalam penelitian ini meliputi uji confirmatory factor analysis (CFA) dan
uji reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1)
Sertifikasi halal untuk makanan dan minuman berpengaruh signifikan terhadap niat
berkunjung. 2) Citra destinasi halal berpengaruh signifikan terhadap niat
berkunjung. 3) Sertifikasi halal untuk makanan dan minuman berpengaruh
signifikan terhadap niat berkunjung. 4) Citra destinasi halal berpengaruh signifikan
terhadap perilaku berkunjung. 5) Niat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap
perilaku berkunjung. 6) Niat berkunjung berperan sebagai pemediasi pengaruh
sertifikasi halal untuk makanan dan minuman terhadap perilaku berkunjung. 7) Niat
berkunjung berperan sebagai pemediasi pengaruh citra destinasi halal terhadap
perilaku berkunjung. 8) Religiusitas Islam (tinggi) dan religiusitas Islam (rendah)
berperan sebagai pemoderasi pengaruh sertifikasi halal untuk makanan dan
minuman terhadap niat berkunjung. 9) Religiusitas Islam (tinggi) dan religiusitas
Islam (rendah) berperan berperan sebagai pemoderasi pengaruh citra destinasi halal
terhadap niat berkunjung. 10) Religiusitas Islam (tinggi) tidak berperan sebagai
pemoderasi pengaruh sertifikasi halal untuk makanan dan minuman terhadap
perilaku berkunjung, sedangkan religiusitas Islam (rendah) berperan sebagai
pemoderasi pengaruh sertifikasi halal untuk makanan dan minuman terhadap
perilaku berkunjung. 11). Religiusitas Islam (tinggi) tidak berperan sebagai
pemoderasi pengaruh citra destinasi halal terhadap perilaku berkunjung, sedangkan
religiusitas Islam (rendah) berperan sebagai pemoderasi pengaruh citra destinasi
halal terhadap perilaku berkunjung. 12) Religiusitas Islam (tinggi) tidak berperan
sebagai pemoderasi pengaruh niat berkunjung terhadap perilaku berkunjung,
sedangkan religiusitas Islam (rendah) berperan sebagai pemoderasi pengaruh niat
berkunjung terhadap perilaku berkunjung.
Collections
- Master of Management [408]