Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Jasa Ekspedisi Atas Kehilangan Barang Kiriman (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Ekspedisi Trawlbens Cabang Bekasi Jawa Barat)
Abstract
Bisnis online maju pesat akibat perkembangan teknologi yang memudahkan
konsumen, namun beresiko mengalami kerugian akibat dari kelalaian ekspedisi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai perlindungan hukum terhadap
konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha dalam hal hilangnya sebagian barang
pada pengiriman barang jasa ekspedisi Trawlbens cabang Bekasi Jawa Barat.
Metode penelitian hukum normatif, pendekatan yang digunakan pendekatan
konseptual, kasus, dan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan adalah
data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier dan cara
pengumpulan bahan yang dilakukan melalui studi kepustakaan yang kemudian
dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, konsumen yang
tidak dapat memberikan video pengemasan tidak dapat menjadi pembenaran
pelaku usaha tidak memberikan tanggung jawab. Pelaku usaha wajib memberikan
tanggung jawab berupa penggantian kerugian kepada konsumen. Saran untuk
kasus ini adalah konsumen dapat mengajukan permohonan gugatan kepada BPSK,
sehingga BPSK dapat memberikan sanksi kepada pelaku usaha. Pelaku usaha
wajib melaksanakan putusan yang ditetapkan oleh BPSK apabila gugatan
konsumen telah mendapatkan putusan final oleh BPSK.
Collections
- Law [2314]