Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Intan Nur
dc.date.accessioned2024-03-15T01:48:17Z
dc.date.available2024-03-15T01:48:17Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48330
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Karangrayung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Karangrayung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Karangrayung tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 27 kelas yang berjumlah 948 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, X IPA 1, X IPA 2, X IPA 8, dan X IPA 9 yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui metode non tes dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup yang berbentuk sekumpulan pernyataan dari variabel kemandirian belajar dan aktivitas belajar yang disebarkan secara online kepada siswa sebagai responden penelitian melalui Google Formulir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui uji statistik dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas yang bertujuan untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, kemudian dilanjutukan dengan uji linearitas untuk mengetahui data tersebut linier atau tidak. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai korelasi sebesar 0,762. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Karangrayung dengan derajat korelasi yang tergolong kuat dan positif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectKimiaen_US
dc.subjectSignifikansien_US
dc.subjectKorelasien_US
dc.titleHubungan Antara Kemandirian Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Karangrayungen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19614054


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record