Representasi Feminisme Dalam Film (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Film Moxie dan Morning Glory)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaknai bagaimana representasi feminisme yang ada
pada film Moxie dan Morning Glory. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena isu
feminisme yang dilakukan para feminis untuk menghilangkan ketimpangan, ketidakadilan,
diskriminasi terhadap perempuan masih eksis hingga sekarang. Dalam dua objek film yang diteliti
mengangkat nilai-nilai feminisme secara berbeda. Penelitian ini menggunakan analisis
semiotika milik Charles Sanders Peirce. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis
penelitian kualitatif dan menggunakan model analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce,
yaitu representament,Object, dan Interpretant. Object terbagi lagi menjadi ikon, indeks, dan
simbol. Analisis ini ditujukan untuk mengungkapkan sebuah makna melalui tanda-tanda dari
peristiwa yang terdapat pada film. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan studi dokumentasi dan observasi yang kemudian diolah penulis untuk
mendapatkan data yang sesuai dan akurat. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
film Moxie (2021) merepresentasikan teori feminisme radikal dari gerakan-gerakan
perlawanan yang dilakukan Vivian melalui majalah moxienya dengan para teman
perempuannya. Sedangkan pada film Morning Glory (2010) merepresentasikan teori feminisme
Multikultural dan Global dari Becky yang mematahkan stereotip perempuan tidak bisa menjadi
pemimpin dalam sebuah pekerjaan melalui kualitas dalam kemampuan dan keterampilannya
sebagai perempuan yang menjadi produser acara televisi.
Collections
- Communication [952]