Strategi Pengelolaan Interaktivitas dan Engagement Media Social @Visitingjogja Dalam Promosi Pariwisata DIY Pasca Covid – 19
Abstract
Beroperasi sejak 2016, @visitingjogja merupakan salah satu akun informasi dan promosi
pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah naungan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa
Yogyakarta di media sosial instagram. Penggunaan media sosial khususnya instagram banyak
dilakukan oleh kalangan milenial dan gen Z yang merupakan target audiens @visitingjogja dalam
kegiatan penyebaran informasi dan promosi. Untuk itu, melalui penelitian peneliti bertujuan untuk
mengetahui bagaimana strategi Social Media Marketing yang terapkan oleh @visitingjogja serta
apa saja perencanaan yang dilakukan dalam kegiatan Social Media Marketingnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
analisis deskriptif. Peneliti juga menggunakan teori dan model perencanaan yang cukup relevan
sebagai sumber acuan penelitian, diantaranya adalah Social Media Marketing oleh Li et.al (2020)
dan SOSTAC Theory oleh (Chaffey and Smith, 2022). Peneliti juga menggunakan aplikasi alat
hitung atau analisis data Fanpage Karma sebagai data sekunder dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini, @visitngjogja dalam melakukan kegiatan Social Media
Marketing ingin meraih visi misi sebagai media informasi dan promosi kepariwisataan juga
menjadikan Yogyakarta sebagai kawasan wisata terkemuka di Asia Tenggara, dengan strategi yang
melibatkan audiens untuk berinteraksi pada platform media sosial instagram, yaitu dengan
membalas komentar, membalas pesan singkat pada fitur Direct Message, mengadakan Give Away,
saling menandai dengan followers, kolaborasi, layanan One Stop Service, penggunaan hastag
dalam postingang, dan menggunakan sapaan “Sob” kepada audiens atau followers. Adapun hasil
engagement periode Agustus 2022 hingga Januari 2023 yaitu pada konten video reels berisi video
destinasi wisata Kebun Buah Mangunan Kabupaten Bantul, yang direpost dari akun @jogjaimages
dengan total engagement yaitu 2,5%, post interaction 2,5%, dan reaction 865. Karakteristik yang
dibawah oleh @visitingjogja di instagram cenderung santai dan tidak kaku. Dalam penentuan dan
pengunggahan jadwal konten dilakukan secara dinamis, karena informasi kepariwisataan cepat
berubah – ubah.
Collections
- Communication [949]