Relasi Antara Aset dan Dpk Perbankan Syariah Dengan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah di Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana relasi antara aset dan DPK
perbankan syariah dengan kepuasan dan loyalitas nasabah di Yogyakarta. Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yaitu teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Jumlah sampel ini diambil
dari beberapa nasabah bank syariah yogyakarta dan berjumlah 203 responden.
Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validitas,
uji reliabilitas, dan evaluasi Structural dan diakhiri pengujian hipotesis dengan R
Square, Path Coefficient, dan T Statistic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa aset dan DPK perbankan syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kemudian hasil dari penelitian kedua menunjukkan bahwa aset dan DPK perbankan
syariah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Tingkat kepuasan nasabah juga
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Artinya, aset dan DPK perbankan syariah
untuk menghimpun dana dari pihak ketiga dan untuk menunjang pertumbuhan aset,
maka dibutuhkan kualitas pelayanan yang baik demi mendorong tingkat kepuasan
dan loyalitas nasabah.
Collections
- Islamic Economics [826]