Show simple item record

dc.contributor.authorFahmi, Muchamad Amirul
dc.date.accessioned2024-03-08T03:42:28Z
dc.date.available2024-03-08T03:42:28Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48138
dc.description.abstractPembelajaran daring merupakan pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran. Konsep ini sejalan dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indoensia (Nomor 107/U/2001) yang mendorong perguruan tinggi konvensional untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh berbasis jaringan. Hal ini Menteri Pendidikan Indonesia, yakni Nadim Makarim menjalankan sistem pembelajaran pada masa pandemi pada tahun 2020-2021. Setelah selesai pandemi universitas di Indonesia membuka program parcasarjana yang telah mengadaptasi sistem tersebut seperti telkom university, universitas ciputra online, universitas terbuka, universitas esa unggul, universitas mercu buana, universitas Dr. Soetomo Surabaya, universitas Widyatama. Sehingga sebuah gagasan ide oleh dosen magister FIAI untuk membuat program yang mulai mengadaptasi sistem tersebut, hal ini sesuai visi Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa FIAI Magister UII angkatan 2021 dan 2022. Dalam peneltian ini metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan responden sebanyak 57 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan pembelajaran daring, minat belajar dan kesiapan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai F hitung 26,088 > F tabel 2,78. Secara parsial nilai t pembelajaran daring (0,052 < 2,00) tidak berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar sedangkan minat belajar (2.231 > 2,00) dan kesiapan belajar (5,083 > 2,00) berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar. Serta nilai R Square secara simultan adalah sebesar 59,6%, dan sisanya 40,4% dipengaruhi variabel lain.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectMinat belajaren_US
dc.subjectKesiapan belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Daring, Minat Belajar, dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister Fiai Uii Periode 2021-2023en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19913072


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record