dc.description.abstract | Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang disusun dengan tujuan
menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses
pembelajaran. Konsep ini sejalan dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indoensia (Nomor 107/U/2001) yang mendorong perguruan tinggi konvensional untuk
menyelenggarakan pendidikan jarak jauh berbasis jaringan. Hal ini Menteri Pendidikan
Indonesia, yakni Nadim Makarim menjalankan sistem pembelajaran pada masa pandemi
pada tahun 2020-2021. Setelah selesai pandemi universitas di Indonesia membuka
program parcasarjana yang telah mengadaptasi sistem tersebut seperti telkom university,
universitas ciputra online, universitas terbuka, universitas esa unggul, universitas mercu
buana, universitas Dr. Soetomo Surabaya, universitas Widyatama. Sehingga sebuah
gagasan ide oleh dosen magister FIAI untuk membuat program yang mulai mengadaptasi
sistem tersebut, hal ini sesuai visi Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa FIAI
Magister UII angkatan 2021 dan 2022. Dalam peneltian ini metode pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling, dengan responden sebanyak 57 mahasiswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji instrument (uji validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi
berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan pembelajaran daring,
minat belajar dan kesiapan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
dengan nilai F hitung 26,088 > F tabel 2,78. Secara parsial nilai t pembelajaran daring
(0,052 < 2,00) tidak berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar sedangkan minat
belajar (2.231 > 2,00) dan kesiapan belajar (5,083 > 2,00) berpengaruh siginifikan
terhadap hasil belajar. Serta nilai R Square secara simultan adalah sebesar 59,6%, dan
sisanya 40,4% dipengaruhi variabel lain. | en_US |