Analisis Komunikasi Pemasaran Islam (Islamic Marketing Communication) untuk Meningkatkan Brand Awareness di Kalangan Muslim Millenial
Abstract
Komunikasi pemasaran adalah suatu bentuk komunikasi yang memiliki tujuan untuk
memperkenalkan, menjalin dan menciptakan interaksi antara perusahaan dengan dunia usaha.
Pada kenyataannya di era yang sudah berkembang ini, banyak aktivitas kehidupan manusia yang
meninggalkan aturan dan etika dalam Keislaman terutama dalam bidang berbisnis dan
pemasaran Islam, jika suatu instansi menjalankan bisnis sesuai dengan Syariah Islam maka cara
dan strategi di dalamnya juga harus didasarkan pada nilai-nilai Keislaman. Hal ini menimbulkan
sebuah rumusan masalah yaitu Analisis Komunikasi Pemasaran Islam Untuk Meningkatkan
Brand Awareness Dikalangan Muslim Millenial (Studi Kasus Ayasha Hijab Yogyakarta).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori komunikasi
pemasaran, komunikasi pemasaran Islam, elemen yang terdapat dalam komunikasi pemasaran,
etika pemasaran Islam dan brand awareness. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa
perusahaan Ayasha Hijab dalam aktivitas komunikasi pemasaranya menerapkan prinsip-prinip
Keislaman yaitu, diukur dari aktivitas komunikasi pemasaran Islam di dalamnya tidak terdapat
persaingan tidak sehat, tidak ada bujuk rayu berlebihan dan tidak adanya daya tarik seksual.
Kemudian jika diukur dari segi etika, bahwa Ayasha Hijab menerapkan etika Islam di dalamya,
antara lain seperti, Product Promotion Rules yang sangat memperhatikan aktivitas promosinya
dengan tidak adanya manipulasi dan tidak menyesatkan dalam bentuk apapun. Kemudian
dalam aktivitas Sales Promotion menerapkan diskon bagi para konsumennya. Jika diukur dari
Keislamannya bahwa ada ayat yang mendukung firman Allah SWT mengenai keadilan takaran
dan timbangan dalam Surat Hud ayat 85. Dari segi produk yang dijual merupakan produk yang
halal dan tidak membuahkan pembodohan pemikiran. Untuk Menciptakan Brand Awareness
strategi yang dilakukan Ayasha Hijab dengan memaksimalkan media sosial serta konsisten
menciptakan produk yang murah dan berkualitas.
Collections
- Communication [949]