Show simple item record

dc.contributor.authorZhafirah, Kahla Rafa
dc.date.accessioned2024-03-07T02:49:23Z
dc.date.available2024-03-07T02:49:23Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48065
dc.description.abstractKarakter adalah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-niai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif. Permasalahan yang terjadi di MAN 4 Sleman ialah masih banyak peserta didik yang menunjukkan karakter atau sikap kurang baik. Mensikapi hal itu, MAN 4 Sleman khususnya guru-guru pelajaran agama mengajarkan dan memberikan langsung kebiasaan-kebiasaan melalui perilaku yang kemudian dicontoh oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui bagaimana metode guru pada peserta didik dalam pengembangan karakter peserta didik, 2. Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam upaya pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman, 3. Mengetahui solusi apa yang dihadirkan dan menjadi inovasi guru – guru dalam pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus, yaitu dimana untuk mempelajari, menerangkan atau menginterpretasi suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi dari pihak luar. Bahwa studi ini berusaha untuk menyoroti suatu keputusan atau seperangkat keputusan dan mengapa keputusan tersebut diambil bagaimana pelaksanaannya dan apakah hasilnya. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru – guru agama MAN 4 Sleman. Objek penelitian ini berupa pengembangan karakter islami. Selanjutnya teknik pengumpulan data meliputi tahapan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dari reduksi data yang merangkum, pemilihan, pemfokusan dilanjutkan dengan penyajian data, analisis dta serta di akhir penarikan kesimplan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter islami peserta didik di MAN 4 Sleman bahwa pengembangan karakter yang baik untuk peserta didik tak hanya dari perilaku guru – guru agama, melainkan integritasnya suatu materi pembelajaran agama di kelas berupa Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aqidah Akhlak, Tafsir Qur’an, Ushul Fiqh, dan Tahfidz. Dengan adanya kerjasama antar guru agama maupun guru lainnya dapat tercapainya tujuan dari pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectKarakter Islamien_US
dc.subjectInovasi Guruen_US
dc.titlePengembangan Karakter Islami Peserta Didik MAN 4 Sleman Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422111


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record