Pengembangan Karakter Islami Peserta Didik MAN 4 Sleman Yogyakarta
Abstract
Karakter adalah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan
tindakan seorang individu. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang
mengembangkan dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka
memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-niai
tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara
yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif. Permasalahan yang terjadi di
MAN 4 Sleman ialah masih banyak peserta didik yang menunjukkan karakter atau
sikap kurang baik. Mensikapi hal itu, MAN 4 Sleman khususnya guru-guru
pelajaran agama mengajarkan dan memberikan langsung kebiasaan-kebiasaan
melalui perilaku yang kemudian dicontoh oleh peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk 1. Mengetahui bagaimana metode guru pada peserta didik dalam
pengembangan karakter peserta didik, 2. Mengetahui kendala apa saja yang
dihadapi dalam upaya pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman, 3.
Mengetahui solusi apa yang dihadirkan dan menjadi inovasi guru – guru dalam
pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu studi kasus, yaitu dimana untuk mempelajari, menerangkan atau
menginterpretasi suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya
intervensi dari pihak luar. Bahwa studi ini berusaha untuk menyoroti suatu
keputusan atau seperangkat keputusan dan mengapa keputusan tersebut diambil
bagaimana pelaksanaannya dan apakah hasilnya. Subjek penelitian ini adalah
Kepala sekolah dan guru – guru agama MAN 4 Sleman. Objek penelitian ini
berupa pengembangan karakter islami. Selanjutnya teknik pengumpulan data
meliputi tahapan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dari reduksi data yang merangkum, pemilihan, pemfokusan dilanjutkan
dengan penyajian data, analisis dta serta di akhir penarikan kesimplan dan
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter islami
peserta didik di MAN 4 Sleman bahwa pengembangan karakter yang baik untuk
peserta didik tak hanya dari perilaku guru – guru agama, melainkan integritasnya
suatu materi pembelajaran agama di kelas berupa Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI), Aqidah Akhlak, Tafsir Qur’an, Ushul Fiqh, dan Tahfidz. Dengan adanya
kerjasama antar guru agama maupun guru lainnya dapat tercapainya tujuan dari
pengembangan karakter islami di MAN 4 Sleman.
Collections
- Islamic Education [863]