Sustainable Marketing Enterprise Perspektif Ekonomi Islam di Peternakan Domba Sinatria Farm
Abstract
Sektor peternakan, terutama domba, menawarkan potensi bisnis besar dengan
permintaan daging yang terus meningkat. Untuk menjaga dan meningkatkan
penjualan, penerapan strategi pemasaran berkelanjutan menjadi kunci, termasuk
dalam konteks ekonomi Islam. Model Sustainable Marketing Enterprise
membantu perusahaan seperti Sinatria Farm mencapai pertumbuhan bisnis yang
berkelanjutan dengan memadukan strategi pemasaran yang kompetitif dan
prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana
Sinatria Farm menerapkan Sustainable Marketing Enterprise untuk meningkatkan
penjualan, dengan mempertimbangkan nilai-nilai ekonomi Islam. Dalam
penelitian ini, metode kualitatif digunakan dengan tujuan untuk mengungkap
bagaimana strategi pemasaran berkelanjutan dalam perusahaan peternakan domba
Sinatria Farm dipandang dari perspektif ekonomi syariah. Lokasi penelitian
adalah peternakan domba Sinatria Farm di Harjobinangun, Sleman. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan teori pemasaran berkelanjutan. Data
diperoleh melalui wawancara dengan manajemen Sinatria Farm dan observasi
langsung di lapangan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa nilai-nilai
syariah dapat diterapkan dalam operasional peternakan domba Sinatria Farm,
meskipun tidak secara eksplisit tercantum dalam slogan mereka, namun nilainya
diterapkan secara implisit. Penerapan nilai-nilai syariah secara implisit ini
merupakan sebuah proses untuk mengintegrasikan nilai-nilai syariah ke dalam
bisnis peternakan domba sebagai bentuk implementasi nilai-nilai Islam rahmat
bagi seluruh alam semesta.
Collections
- Islamic Economics [827]