Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Dimas Bagus
dc.date.accessioned2024-03-06T07:34:11Z
dc.date.available2024-03-06T07:34:11Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48033
dc.description.abstractPenelitian ini di latar belakang oleh rendahnya minat baca dan ingin mengetahui: (1) Adakah Terdapat Pengaruh Antara Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Pelajaran PAI? (2) Adakah terdapat Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran PAI? (3) Adakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan dan Simultan Antara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran PAI? (4) Seberapa Besar Kontribusi Antara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar PelajaranPAI? Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Minat Baca (X1) dengan Prestasi Belajar PAI (Y), Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) dengan Prestasi Belajar PAI (Y), Antara Minat Baca (X1) dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) dengan Prestasi belajar PAI (Y), dan mengetahui seberapa besar kontribusi variabel Minat Baca (X1) dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) terhadap Prestasi Belajar PAI (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner, dengan sampel 186 responden dari jumlah populasi 347 siswa menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Balikpapan, Kalimantan Timur. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for Windows. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut yaitu ada 4: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Prestasi Belajar Pelajaran PAI yang dibuktikan dengan sig = 0,007 > 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Pelajaran PAI yang dibuktikan sig F Change sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang simultan dan signifikanantara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, yang dibuktikan sig F Change sebesar 0,000 < 0,05. (4) Besarnya kontribusi secara simultan antara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran PAI sebesar 39,9%. Sisanya sebesar 60,1% merupakan variabel atau faktor lain yang tidak diteliti asumsi-nya adala faktor internal, yaitu rasa malas dalam diri untuk budayakan membaca.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinat Bacaen_US
dc.subjectKemampuan Baca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.subjectPAIen_US
dc.titlePengaruh Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii di Smp Negeri 12 Balikpapanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17422061


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record