Pengaruh Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii di Smp Negeri 12 Balikpapan
Abstract
Penelitian ini di latar belakang oleh rendahnya minat baca dan ingin mengetahui:
(1) Adakah Terdapat Pengaruh Antara Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Pelajaran
PAI? (2) Adakah terdapat Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi
Belajar Pelajaran PAI? (3) Adakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan dan Simultan
Antara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar
Pelajaran PAI? (4) Seberapa Besar Kontribusi Antara Minat Baca dan Kemampuan Baca
Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar PelajaranPAI? Tujuannya adalah untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Minat Baca (X1) dengan Prestasi Belajar PAI
(Y), Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) dengan Prestasi Belajar PAI (Y), Antara
Minat Baca (X1) dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) dengan Prestasi belajar
PAI (Y), dan mengetahui seberapa besar kontribusi variabel Minat Baca (X1) dan
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (X2) terhadap Prestasi Belajar PAI (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost
facto. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner, dengan
sampel 186 responden dari jumlah populasi 347 siswa menggunakan rumus Slovin.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Balikpapan, Kalimantan Timur. Teknik
analisis data menggunakan regresi linier dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for
Windows.
Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut yaitu ada 4: (1)
Tidak ada pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Prestasi Belajar Pelajaran PAI
yang dibuktikan dengan sig = 0,007 > 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Pelajaran PAI yang
dibuktikan sig F Change sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang simultan dan
signifikanantara Minat Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, yang dibuktikan sig
F Change sebesar 0,000 < 0,05. (4) Besarnya kontribusi secara simultan antara Minat
Baca dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pelajaran PAI
sebesar 39,9%. Sisanya sebesar 60,1% merupakan variabel atau faktor lain yang tidak
diteliti asumsi-nya adala faktor internal, yaitu rasa malas dalam diri untuk budayakan
membaca.
Collections
- Islamic Education [863]