Show simple item record

dc.contributor.authorAlfian, Mochammad Zabidi
dc.date.accessioned2024-03-06T02:28:32Z
dc.date.available2024-03-06T02:28:32Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48018
dc.description.abstractKegiatan transaksi bisnis yang dilakukan secara online melalui hp, laptop atau alat telekomunikasi lainnya merupakan sistem dari penjualan berbasis marketplace. Dalam jual beli yang dilakukan di dunia maya tentunya akan menimbulkan suatu masalah antara penjual dan pembeli dikarenakan tidak adanya pertemuan secara langsung akan tetapi bisa berkomunikasi menggunakan sistem Cash On delivery (COD). Dalam praktik penggunaan sistem Cash On Delivery (COD), sering terjadi penyimpangan perilaku baik dari pihak penjual, pembeli maupun perantara (kurir) dalam menjalankan sistem tersebut. Namun, meskipun Cash On Delivery (COD) menawarkan kemudahan, bahkan muncul berbagai masalah baru, seperti ketidaksesuaian barang yang dikirim dengan yang tercantum dalam katalog. Dalam konsep bisnis Islam, penggunaan sistem Cash On Delivery (COD) dapat dinilai dari sudut pandang etika dan prinsip bisnis Islam. Etika bisnis islam ialah ilmu yang membahas perihal usaha ekonomi khususnya jual beli dari sudut pandang baik dan buruk serta salah dan benar menurut standar akhlak islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode transaksi pembayaran menggunakan Cash On Delivery (COD) pada marketplace menurut konsep bisnis islami. Metode analisis dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa metode transaksi pembayaran menggunakan Cash On Delivery (COD) pada marketplace menurut konsep bisnis islami sudah memenuhi prinsip-prinsip yang ada telah membawa manfaat positif bagi konsumen, produsen, dan kurir. Dengan mematuhi prinsip-prinsip tersebut, produsen di marketplace menciptakan lingkungan bisnis yang adil, transparan, dan saling menghormati, sejalan dengan ajaran agama Islam.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCash On Delivery (COD)en_US
dc.subjectMarketplaceen_US
dc.subjectBisnis islamen_US
dc.titleAnalisis Metode Transaksi Pembayaran Menggunakan COD Pada Marketplace Menurut Konsep Bisnis Islami.en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19423180


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record