Analisis Metode Transaksi Pembayaran Menggunakan COD Pada Marketplace Menurut Konsep Bisnis Islami.
Abstract
Kegiatan transaksi bisnis yang dilakukan secara online melalui hp, laptop atau alat
telekomunikasi lainnya merupakan sistem dari penjualan berbasis marketplace. Dalam jual
beli yang dilakukan di dunia maya tentunya akan menimbulkan suatu masalah antara penjual
dan pembeli dikarenakan tidak adanya pertemuan secara langsung akan tetapi bisa
berkomunikasi menggunakan sistem Cash On delivery (COD). Dalam praktik penggunaan
sistem Cash On Delivery (COD), sering terjadi penyimpangan perilaku baik dari pihak
penjual, pembeli maupun perantara (kurir) dalam menjalankan sistem tersebut. Namun,
meskipun Cash On Delivery (COD) menawarkan kemudahan, bahkan muncul berbagai
masalah baru, seperti ketidaksesuaian barang yang dikirim dengan yang tercantum dalam
katalog. Dalam konsep bisnis Islam, penggunaan sistem Cash On Delivery (COD) dapat
dinilai dari sudut pandang etika dan prinsip bisnis Islam. Etika bisnis islam ialah ilmu yang
membahas perihal usaha ekonomi khususnya jual beli dari sudut pandang baik dan buruk
serta salah dan benar menurut standar akhlak islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui metode transaksi pembayaran menggunakan Cash On Delivery (COD) pada
marketplace menurut konsep bisnis islami. Metode analisis dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunujukkan bahwa metode transaksi pembayaran menggunakan Cash On Delivery (COD)
pada marketplace menurut konsep bisnis islami sudah memenuhi prinsip-prinsip yang ada
telah membawa manfaat positif bagi konsumen, produsen, dan kurir. Dengan mematuhi
prinsip-prinsip tersebut, produsen di marketplace menciptakan lingkungan bisnis yang adil,
transparan, dan saling menghormati, sejalan dengan ajaran agama Islam.
Collections
- Islamic Economics [826]