Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Bayu
dc.date.accessioned2024-03-06T01:53:38Z
dc.date.available2024-03-06T01:53:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48015
dc.description.abstractMenghafal Al-Qur'an adalah tugas dan tanggung jawab yang luar biasa besar dan mulia. Program Tahfidz Qur’an menjadi salah satu sarana yang dapat membantu keberhasilan peserta didik dalam mempelajari dan menghafal Al- Qur’an. Hal ini, perlu sistem yang baik dalam upaya keberhasilan program Tahfidz Qur’an. Salah satunya adalah tahap evaluasi sebuah program. Evaluasi CIPP (context, input, process, dan product) dinilai dapat membantu keberhasilan program tahfidz. Beberapa permasalahan yang harus dievaluasi dalam program tahfidz Qur’an yaitu, kualitas pendidik dalam menerapkan proses pembelajaran, supervisi yang aktif dari kepala sekolah, dukungan dari wali murid,lingkungan belajar yang baik, dan yang paling utama yaitu tujuan dari sebuah program yang harus jelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program Tahfidz Qur'an di SDIT Darussalam Selokerto dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif melalui pendekatan kualitatif yang dilakukan di lapangan bertempat di SDIT Darussalam Selokerto dengan total lima informan termasuk kepala sekolah, guru program tahfidz, dan peserta didik dengan teknik purposive. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian pada evaluasi program Tahfidz Qur’an dengan model CIPP (context, input, process, dan product) di SDIT Darussalam Selokerto yaitu pada evaluasi context, menunjukkan kesuksesan program yang didukung oleh komitmen kuat terhadap nilai-nilai agama Islam dan kerja sama positif antara sekolah, guru, siswa, dan wali murid. Kemudian pada evaluasi input, guru memiliki dedikasi serta motivasi yang kuat, materi pembelajaran telah dirancang dengan baik. Pada evaluasi process, peserta didik menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran dengan memfokuskan pada pengajaran Al-Qur`an yang efektif dan metode pengajaran yang sesuai dengan tujuan program. Selain itu pada evaluasi product, peserta didik mengalami kemajuan dalam menghafal dan memahami serta menunjukkan dampak positif dalam dalam aspek keagamaan maupun akademik. Meskipun demikian, perlu ditingkatkan sumber daya dan fasilitas sekolah untuk mendukung program ini secara optimal. Guru yang berkualitas dan materi pembelajaran yang baik telah memberikan dasar yang kuat bagi program ini, akan tetapi tetap perlu perhatian lebih terhadap kebutuhan siswa dan lingkungan pembelajaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Programen_US
dc.subjectModel CIPPen_US
dc.subjectTahfidz Qur’anen_US
dc.titleEvaluasi Program Tahfidz Qur`an dengan Model Cipp (Context, Input, Process, Product) di Sdit Darussalam Selokertoen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422070


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record