Evaluasi Program Tahfidz Qur`an dengan Model Cipp (Context, Input, Process, Product) di Sdit Darussalam Selokerto
Abstract
Menghafal Al-Qur'an adalah tugas dan tanggung jawab yang luar biasa
besar dan mulia. Program Tahfidz Qur’an menjadi salah satu sarana yang dapat
membantu keberhasilan peserta didik dalam mempelajari dan menghafal Al-
Qur’an. Hal ini, perlu sistem yang baik dalam upaya keberhasilan program Tahfidz
Qur’an. Salah satunya adalah tahap evaluasi sebuah program. Evaluasi CIPP
(context, input, process, dan product) dinilai dapat membantu keberhasilan
program tahfidz. Beberapa permasalahan yang harus dievaluasi dalam program
tahfidz Qur’an yaitu, kualitas pendidik dalam menerapkan proses pembelajaran,
supervisi yang aktif dari kepala sekolah, dukungan dari wali murid,lingkungan
belajar yang baik, dan yang paling utama yaitu tujuan dari sebuah program yang
harus jelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi
terhadap program Tahfidz Qur'an di SDIT Darussalam Selokerto dengan
menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif melalui pendekatan
kualitatif yang dilakukan di lapangan bertempat di SDIT Darussalam Selokerto
dengan total lima informan termasuk kepala sekolah, guru program tahfidz, dan
peserta didik dengan teknik purposive. Data penelitian ini diperoleh melalui
observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi di lapangan.
Hasil penelitian pada evaluasi program Tahfidz Qur’an dengan model
CIPP (context, input, process, dan product) di SDIT Darussalam Selokerto yaitu
pada evaluasi context, menunjukkan kesuksesan program yang didukung oleh
komitmen kuat terhadap nilai-nilai agama Islam dan kerja sama positif antara
sekolah, guru, siswa, dan wali murid. Kemudian pada evaluasi input, guru memiliki
dedikasi serta motivasi yang kuat, materi pembelajaran telah dirancang dengan
baik. Pada evaluasi process, peserta didik menunjukkan keterlibatan yang tinggi
dalam pembelajaran dengan memfokuskan pada pengajaran Al-Qur`an yang
efektif dan metode pengajaran yang sesuai dengan tujuan program. Selain itu pada
evaluasi product, peserta didik mengalami kemajuan dalam menghafal dan
memahami serta menunjukkan dampak positif dalam dalam aspek keagamaan
maupun akademik. Meskipun demikian, perlu ditingkatkan sumber daya dan
fasilitas sekolah untuk mendukung program ini secara optimal. Guru yang
berkualitas dan materi pembelajaran yang baik telah memberikan dasar yang kuat
bagi program ini, akan tetapi tetap perlu perhatian lebih terhadap kebutuhan siswa
dan lingkungan pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]