Show simple item record

dc.contributor.authorHafan, Anis Amrina
dc.date.accessioned2024-03-06T01:41:38Z
dc.date.available2024-03-06T01:41:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48014
dc.description.abstractMaraknya perkembangan tekonologi yang berdampak pada perilaku sosial menjadi sebuah transformasi budaya salah satunya adalah pengguna perangkat media digital, khususnya pada generasi Z. Perilaku flexing dipahami dalam ilmu ekonomi sebagai sikap konsumtif yang bersifat mencolok, dimana seseorang membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang mewah dan layanan premium untuk menunjukkan tingkat atau kemampuan finansial dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pandangan konsumsi Islam mengenai fenomena flexing yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas media sosial pada generasi-Z. Metode penelitian ini menggunakan metode campuram atau mixed method research. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa Universitas Islam Indonesia dan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan. Hasil dari penelitian ini , menurut mahasiswa Universitas Islam Indonesia perilaku flexing bida menjadi cara seseorang untuk menonjolkan diri, menarik perhatian atau mendapat pengakuan dari teman atau kelompok sosial tertentu. Hamper seluruh mahasiswa Universitas Islam Indonesia setuju bahwa flexing merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam karena dapat memicu timbulnya rasa iri di antara sesame. Selain itu, perilaku flexing juga berhubungan dengan konsep israf karena mendorong konsumsi berlebihan dalam Upaya untuk mengikuti gaya hidup tertentu dan mencari pengakuan sosial. Perilaku konsumsi dalam Islam diatur oleh prinsip dan norma yang sesuai dengan hukum Islam. Tindakan flexing tidak sejalan dengan teori perilaku konsumen Islam karenaa melanggar prinsip-prinsip dan norma- norma konsumsi Islam serta tidak sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectFenomena Flexingen_US
dc.subjectIsrafen_US
dc.subjectKonsumsi Islamen_US
dc.titleAnalisis Fenomena Flexing di Sosial Media pada Generasi Z dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19423098


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record