Rebranding dan Repacking Kemasan Produk Olahan Bakso Goreng Pipih (Chingu.mill) Bidang Pemasaran dan Keuangan
Abstract
Peluang bisnis pada makanan di Indonesia termasuk kedalam golongan
yang sangat kekuatan karena manusia membutuhkan makanan dalam tiga kali
dalam sehari. Salah satu makanan yang sangat menjanjikan untuk dijual yaitu
makanan ringan yang dianggap lebih berpotensi dan menguntungkan. Berawal dari
hasil survei dan observasi terhadap bisnis camilan yang sesuai, penulis memilih
untuk merintis bisnis bakso goreng (basreng). Beberapa produk yang sudah di jual
di Indonesia memiliki rasa yang lezat namun memerlukan perbaikan dari segi
branding, yaitu pada bentuk kemasan produk. Pada perintisan Bisnis kali ini,
penulis dan kelompok melakukan Perintisan Bisnis yang berjudul Chingu.mill :
Rebranding dan Repacking kemasan pada Olahan Bakso Goreng Pipih. Perintisan
bisnis yang penulis lakukan pada Bulan Juli 2023 sampai dengan Oktober 2023
Penjualan yang pertama kali penulis lakukan yaitu melalui sosial media Instagram
dan whatsapp, serta melalui mulut ke mulut. Pada laporan ini penulis melaporkan
aspek pemasaran dari bisnis Chingu.mill, yaitu melakukan survei pasar, desain logo
dan kemasan, pengenalan merek dan produk, pembuatan konten pemasaran, dan
serta berkoordinasi bersama bidang produksi. Pada analisis sebelum pelaksaan,
bisnis Chingu.mill dinyatakan layak untuk dijalankan. Pada analisis terakhir yang
dilakukan, program kerja bidang pemasaran telah terlaksana dengan baik
ditunjukkan dengan terciptanya brand awareness dan pasar potensial terhadap
merek dan produk bisnis Chingu.mill, namun masih perlu adanya optimalisasi pada
penentuan strategi kinerja aspek pemasaran dan sinkronisasi dengan kondisi
produksi dan keuangan pada perintisan bisnis. Pada laporan ini penulis melaporkan
bidang keuangan dari bisnis Chingu.mill, yaitu analisis keuangan sebelum
pelaksanaan bisnis, laporan arus kas harian, laporan keuangan, serta koordinasi
dengan bidang produksi terkait keuangan. Pada analisis sebelum pelaksaan bisnis,
didapatkan bahwa bisnis Chingu.mill layak untuk dijalankan. Dari hasil analisis
akhir, didapatkan bahwa bisnis Chingu.mill telah mencapai Break Even Point (BEP)
dan mendapatkan profit yang memuaskan.
Collections
- Islamic Economics [826]