Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pedagang Pasar Menggunakan Produk Pembiayaan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat pedagang pasar dalam
mengambil pembiayaan di lembaga keuangan mikro syariah (LKMS), melalui variabel
margin, kemudahan, kebutuhan, dan lokasi. Pengambilan pembiayaan di LKMS
didasari pada kebutuhan modal pedagang pasar untuk menjalankan bisnisnya. LKMS
memiliki keunggulan dalam strategi pemasaran yang baik sehingga mudah dijangkau
masyarakat. Penelitian ini dilaksankan di 8 pasar di Kabupaten Sleman, DIY dengan
sampel sebanyak 50 pedagang. Penelitian ini dilaksanakan pada periode waktu bulan
April sampai dengan bulan Agustus tahun 2023. Penelitian ini bersumber dari
wawancara dan observasi secara langsung. Sampel diambil menggunakn teknik
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan variabel
margin dan kebutuhan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pengambilan
pembiayaan di LKMS. Sedangkan faktor kemudahan dan lokasi tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan di LKMS.
Collections
- Islamic Economics [826]